Ekspor piring keramik merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan, terutama bagi para pengusaha kerajinan dan produsen keramik di Indonesia. Piring keramik Indonesia dikenal karena keindahan desainnya, kualitas bahan baku yang baik, dan keahlian para pengrajin lokal.

Cara kirim kerajinan keramik ke luar negeri bisa dikatakan lumayan susah, apalagi keramik termasuk barang pecah belah. Mengekspor barang-barang pecah belah memang membutuhkan usaha lebih agar kerajinan ini bisa sampai ke tangan konsumen dengan kondisi baik.

Untuk berhasil dalam bisnis ekspor piring keramik, dibutuhkan pemahaman mendalam tentang proses ekspor, peraturan perdagangan internasional, serta strategi pemasaran yang efektif. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara ekspor piring keramik ke luar negeri, mulai dari persiapan awal hingga pengiriman barang.

Cara Kirim Pirim Keramik ke Luar Negeri Lebih Mudah

  1. Mempersiapkan Barang untuk Ekspor

Tentukan jenis piring keramik yang akan Anda ekspor. Apakah Anda akan fokus pada piring makan, piring hias, atau koleksi keramik khusus lainnya? Pastikan produk yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing di pasar internasional.

Pastikan bahwa piring keramik yang Anda produksi memenuhi standar kualitas internasional dan tidak memiliki cacat yang dapat memengaruhi daya tarik atau fungsionalitasnya.

  1. Mempersiapkan Alat Packing

Pengemasan yang tepat adalah kunci untuk mengamankan piring keramik selama proses pengiriman. Wajib yang harus digunakan untuk pengemasan keramik seperti: kardus, kain lembut, bubble wrap, kertas, dan lakban. Ke semua material ini dapat dimaksimalkan penggunaannya sebagai pelapis keramik dan menghindarkannya dari risiko pecah.

  1. Memilih Jasa Pengiriman yang Aman

Pemilihan jasa pengiriman yang aman sangat penting untuk menghindari risiko kerusakan selama proses ekspor. Pastikan memilih jasa kirim yang memiliki asuransi dan berpengalaman dalam proses pengiriman piring keramik.

Sput.id merupakan jasa kirim barang yang terpercaya untuk mengirimkan barang ke luar negeri. Tim sput.id juga memiliki pelayanan yang cepat dan siap membantu masalah dokumen pengiriman dan untuk packing barang juga di bantu untuk di arahkan.

  1. Pemeliharaan Hubungan dengan Pelanggan

Setelah berhasil melakukan proses ekspor, jangan lupakan pentingnya memelihara hubungan yang baik dengan pelanggan Anda di pasar internasional. Berikan layanan pelanggan yang prima, tanggapi pertanyaan dan masukan dengan cepat, dan terus komunikasi untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Cara Packing Piring keramik dengan Pengamanan Ekstra

Produk yang mudah pecah, yaitu kaca peralatan keramik botol kaca dan produk yang mengandung keramik atau kaca. Apabila ingin memaketkan produk fragile pastikan ada pengamanan ekstra ketika packing.

  1. Mempersiapkan Peralatan

Pastikan piring keramik dilapisi dengan pengganjal di dalamnya agar terlindung dari benturan. Beberapa barang yang aman digunakan sebagai pengganjal adalah Bubble wrap, barang yang digunakan untuk menghindari benturan, Kain perca, Box kardus, Potongan kertas sebagai pelapis produk.

  1. Melapisi Paket Fragile Dengan Aman

Piring keramik harus dilapisi kertas atau kain. Paket tersebut, ditutup hingga rapat supaya tidak dapat terbentur dengan barang lain. Proses dalam packing pecah belah sangatlah rumit, sebab produk yang sangat risiko rusak. Teliti barang agar tidak ada ruang longgar dan lapisan tidak lepas. Pergunakan pula lakban dan karet agar barang tetap pada posisinya.

  1. Menghindari Ruang Kosong

Pastikan ruang kosong yang terdapat pada bagian kardus, diisi kertas atau potongan kardus. Pastikan isi penuh supaya barang fragile tetap pada posisinya. Hal ini, dilakukan agar paket tetap dalam kondisi aman ketika terdapat guncangan dari arah luar. Pengirim harus memastikan agar lakban paket dengan kuat.

  1. Berikan Label Stiker yang Sesuai

Pihak ekspedisi akan memperlakukan paket khusus dengan cara packing keramik ke luar negeri menggunakan sticker. Apabila paket tersebut terdapat stiker, maka barang akan aman. Untuk cara penempelan stiker tersebut, harus pada posisi atas barang. Pengirim dapat menempelkan stiker sendiri atau akan ditempelkan pada pihak ekspedisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *