Bisnis makanan ringan atau snack telah menjadi industri yang menggiurkan di seluruh dunia. Salah satu tren yang semakin berkembang adalah bisnis snack impor. Snack impor tidak hanya menawarkan variasi rasa yang unik, tetapi juga membuka pintu bagi peluang bisnis yang menarik.

Snack impor dari luar negeri memang selalu menarik perhatian karena kebanyakan memiliki rasa dan bentuk yang berbeda dari camilan lokal. Konsumen juga dapat mengeksplorasi variasi rasa dari berbagai negara dan budaya melalui snack import. Hal ini menjadikan pengalaman makan lebih berwarna dan menarik.

Ketertarikan masyarakat Indonesia mencicipi makanan dari luar negeri seiring dengan trand dan ketertarikan pada budaya luar negeri. Pertanyaan yang sering muncul khususnya bagi para importir pemula salah satunya adalah, bagaimana cara import snack dari luar negeri?

Memperhatikan Persyaratan Import Makanan

Peraturan BKPM Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Obat dan Makanan mendefinisikan izin edar adalah izin untuk Obat dan Makanan yang diproduksi oleh produsen dan/atau diimpor oleh importir Obat dan Makanan yang akan diedarkan di wilayah Negara Republik Indonesia berdasarkan penilaian terhadap keamanan, mutu, dan kemanfaatan.

Izin edar dibutuhkan untuk memberikan jaminan kepada konsumen bahwa snack tersebut sepenuhnya layak dan memenuhi standar kesehatan untuk diedarkan. Maka dari itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memfasilitasi hal tersebut, tentu saja tujuannya adalah untuk melindungi kita para konsumen dari mengonsumsi hal-hal yang tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh BPOM.

Mencari Pemasok Terpercaya atau Informasi Produsen

Mencari informasi bagaimana pasar snack di negara asalnya dan mencari regulasi import serta persyaratan khusus yang berlaku. Nah, agar kerjasama dapat berjalan dalam jangka waktu panjang dan Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan konsumen maka penting mencari produsen atau pemasok snack yang ingin Anda impor.

Pilih pemasok yang memiliki reputasi baik, sertifikasi kualitas, dan pengalaman dalam ekspor. Lakukan negosiasi yang baik untuk mendapatkan harga yang kompetitif dan pastikan untuk memeriksa regulasi impor yang berlaku di negara Anda.

Pilih Jasa Pengiriman yang Memiliki Pengalaman Baik Untuk Kirim Makanan

Untuk meminimalisir resiko makanan basi atau rusak adalah dengan memilih jasa pengiriman ke luar negeri yang profesional. Jasa pengiriman yang profesional tidak hanya mempertimbangkan kecepatan saja, namun juga keamanan. Snack yang terkirim harus tetap terjaga kondisinya.

Pastikan Anda memiliki rencana logistik yang baik, termasuk pemilihan jasa pengiriman yang handal dan manajemen rantai pasok yang efisien. Pemantauan persediaan secara cermat juga diperlukan untuk menghindari kekurangan atau kelebihan stok.

Salah satu Jasa impor barang atau snack dari luar negeri adalah menggunakan layanan jasa dari —- yang memiliki jaringan luas ke berbagai negara di dunia. Sput.id memberikan layanan mulai dari pengambilan barang di alamat pemasok/distributor snack di negara asal hingga sampai ke alamat penerima dengan aman.

Untuk Impor snack dari luar negeri anda harus ikutin arahan dari tim Sput.id yang akan mengarahkan anda dalam mengirim dan mempersiapkan berkas apa saja yang akan di pakai untuk keperluan pengiriman.

Persyaratan Izin Edar Pangan Olahan Impor

Setelah mendapatkan produsen snack dari luar negeri, coba hubungi produsen snack untuk memulai negosiasi mengenai harga, kualitas produk, kuantitas minimum pesanan, metode pengiriman, dan syarat pembayaran. Pastikan membuat perjanjian kontrak yang jelas demi melindungi bersama dan tidak ada pihak yang menjadi rugi.

Persyaratan dokumen administrasi:

  1. hasil audit sarana distribusi;
  2. sertifikat good manufacturing practice/ HACCP/ ISO 22000/Piagam Program Manajemen Risiko/sertifikat serupa yang diterbitkan oleh Lembaga berwenang/terakreditasi dan/atau hasil audit dari pemerintah setempat; 3. surat penunjukan dari perusahaan di luar negeri kepada importir atau distributor; dan
  3. sertifikat kesehatan (health certificate) atau sertifikat bebas jual (certificate of free sale).

Persyaratan Dokumen Teknis:

  1. komposisi atau daftar bahan yang digunakan;
  2. proses produksi;
  3. hasil uji produk akhir atau certificate of analysis untuk pangan olahan risiko tinggi dan sedang;
  4. informasi tentang masa simpan;
  5. informasi tentang kode produksi;
  6. rancangan label;
  7. foto produk yang menampilkan semua keterangan pada label dengan jelas dan terbaca; dan
  8. terjemahan label selain bahasa Inggris dari penerjemah tersumpah.

Bisnis snack impor menawarkan potensi keuntungan yang besar, tetapi juga melibatkan tantangan khusus. Dengan pengetahuan yang tepat, pemahaman pasar, dan strategi pemasaran yang efektif, Anda dapat membangun bisnis yang sukses dan memuaskan hasrat konsumen akan keunikan rasa dari seluruh dunia. Pastikan untuk selalu mengikuti perkembangan pasar dan tetap fleksibel dalam menghadapi perubahan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis snack impor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *