Melakukan pengiriman furnitur ke luar negeri bisa terbilang menguntungkan. Bahkan jika Anda bisa menemukan pasar yang tepat maka tren kirim furnitur ke luar negeri bisa menjadi lahan bisnis. Furnitur yang dimaksud bisa meja, lemari, dan barang lain yang menunjang aktivitas sehari-hari.

Namun, jika Anda pengrajin yang berkecimpung di bidang ini maka ada keuntungan besar yang menanti jika sampai berhasil mengembangkan jual beli ekspor lintas negara.

Ekspor barang dan juga kerajinan dari Indonesia sedang mengalami peningkatan. Termasuk dengan pengiriman mebel ke luar negeri.

Negara-negara kawasan Eropa dan Asia banyak yang membutuhkan mebel dan furniture dengan kualitas kayu yang bagus. Kebetulan Indonesia adalah salah satu negara yang cukup potensial untuk bergerak di bidang ini.

Cara Mengirim Mebel Ke Luar Negeri Dengan Aman

Jika Anda tertarik mengirim furniture dalam jumlah banyak, Anda harus memiliki badan hukum resmi yang disesuaikan dengan jenis usaha dan kapasitas produksi. Anda juga perlu merencanakan apakah jenis usaha hanya akan memproduksi atau mengekspor saja, atau bahkan kedua-duanya.

Persiapkan Furnitur dan Mebel

Pastikan Anda sudah mengecek ulang kemasan produk furnitur/mebel yang akan dikirim. Biasanya harga furnitur yang dikirim ke luar negeri harganya tidak murah. Sehingga gunakan asuransi pengiriman dengan memilih jasa pengiriman yang sudah menyediakan asuransinya.

Tentukan Target Pasar yang Jelas

Melakukan ekspor barang ke luar negeri tentunya sudah memiliki target pasar yang jelas sehingga barang tidak mengendap terlalu lama sebelum di beli. Masalah utama yang sering terjadi saat melakukan ekspor adalah kurang memahami peluang pasar yang sesuai.

Menurut data dari kemenlu.go.id, berikut ini beberapa negara yang banyak mengandalkan produk furniture dari Indonesia:

USA, Prancis, Inggris, Belanda, Belgia, Spanyol, Jerman, Italia, Kanada, Denmark, Swedia, Jepang, Australia, Malaysia, Singapore, Korea Selatan, Taiwan, China, Afrika Selatan.

Persyaratan Ekspor Furniture Ke Luar Negeri

Anda tertarik mengirim furniture dalam jumlah banyak, Anda harus memiliki badan hukum resmi yang disesuaikan dengan jenis usaha dan kapasitas produksi. Ada beberapa perizinan yang perlu Anda ketahui, beberapa di antaranya sebagai berikut:

  1. ETR: Eksportir Terdaftar Produk Rotan dari Kemendag
  2. ETPIK: Eksportir Terdaftar Produk Industri Kayu dari Kemendag
  3. NIK : Nomor Induk Kepabeanan dari Bea Cukai
  4. SVLK: Sertifikasi Verifikasi Legalitas Kayu dari Kemenhut

Tidak semua jenis kayu bisa dijadikan furniture untuk di kirim ke luar negeri. Sebagai pengekspor,penting untuk mengetahui regulasi semacam ini. Tujuannya agar tidak melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku serta memastikan usaha yang Anda miliki bisa tetap beroperasi dengan aman.

Ekspor Furniture ke Luar Negeri Bersama Ekspedisi yang Tepat

Melakukan pemasaran furniture sampai ke luar negeri? Anda bisa menggunakan bantuan dari jasa ekspedisi yang terpercaya dan termurah, seperti Sput.id. Jika Anda hendak mengirimkan furniture atau mebel menggunakan jasa Sput.id, Anda hanya perlu menghubungi CS melalui pesan WhatsApp tentang pengiriman tersebut.

Informasi yang perlu diberikan kepada CS cukup mudah, yaitu dengan mengisi form commercial invoice dan packing list yang akan di berikan oleh tim Sput.id lewat kontak Whatsapp kami di no +62816820024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *