Indonesia merupakan negara penghasil Sarang Burung Walet terbesar di dunia. Produk ini sudah banyak diekspor ke berbagai negara di dunia. Karena harga pasaran sarang walet yang diekspor ke luar negeri telah mencapai harga hampir 20-30 juta rupiah. Keuntungan ini tidak saja dinikmati pengusahanya, namun juga akan meningkatkan devisa negara. Ada beberapa negara yang bisa di ekspor sarang walet seperti negara Singapore, Malaysia dan Taiwan.

Sarang Burung Walet sendiri berasal dari air liur burung Walet yang dipadatkan. Produk ini terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak heran banyak negara yang menginginkan Sarang Burung Walet ini.

Sama seperti kaca, sarang burung walet sangat rentan sekali hancur dan patah. Itulah sebabnya sangat penting untuk mengemas sarang walet dengan baik dan benar jika untuk di kirimkan.

Tips Dan Cara Packing Sarang Burung Walet Ke Luar Negeri

Berikut tips dan cara packing sarang burung walet agar aman sampai ke tangan penerima nya :

  1. Ikuti Prosedur Syarat Ekspor

Sarang burung walet wajib diseleksi terlebih dahulu, setelah itu dicuci hingga bersih. Syarat ekspor salah satu nya sarang walet wajib dipanaskan di suhu minimal 70 derajat Celsius selama 3,5 detik. Memiliki kadar nitrit yang kurang dari 30 PPM, bebas dari segala cemaran, dan kadar air sarang hanya 18 persen saja.

  1. Melampirkan Dokumen Sanitary

Wajib melampirkan sebuah dokumen sanitary. Dokumen ini nantinya bisa Anda dapat dari balai karantina. Selain dokumen sanitary dari penjual, calon pembeli nantinya juga wajib melampirkan dokumen sanitary dari negara asal mereka. Apabila dokumen sanitary tidak ada, maka proses pengiriman tidak akan terproses.

Dokumen sanitary dan beberapa dokumen pendukung lainnya akan ditempelkan di luar kemasan. Atau sesuai dengan standar SOP yang dimana harus terlihat jelas.

  1. Mengurus PEB di Pihak Bea Cukai

Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) adalah pemberitahuan pabean yang nantinya digunakan untuk memberikan informasi ekspor. Nantinya Anda sebagai penjual akan diminta untuk mengisi formulir yang berupa pemberitahuan ekspor.

  1. Berikan Segel Paket

Pastikan paket Anda tersegel dengan baik dan rapat menggunakan lakban. Pastikan tidak ada celah sedikit pun agar paket tidak jebol di dalam perjalanan. Sebab jika ada salah sedikit saja saat menyegel, maka sarang walet akan hancur.

  1. Gunakan Kardus Yang Aman

Dan jangan lupa untuk memasukkan sarang burung walet ke dalam kardus anti air dan lapisi juga dengan tambahan bubble wrap. Tujuan packing berlapis-lapis ini agar sarang burung walet tetap aman dan tidak hancur saat proses pengiriman berlangsung. Sebab perjalanan ke luar negeri memakan waktu yang cukup lama untuk sampai ke alamat penerima.

Keuntungan Ekspor Sarang Walet Ke Luar Negeri

Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari kegiatan ekspor Sarang Burung Walet yaitu :

  1. Permintaan tinggi
  2. Harga tinggi
  3. Kualitas bagus
  4. Peluang pasar yang luas
  5. Diversifikasi pasar

Ekspor Sarang Burung Walet Bersama Sput.id

Bisnis ekspor memang cukup menjanjikan keuntungan yang besar. Namun, terkadang banyak orang yang ragu untuk memulai bisnis ini karena khawatir terkait pengiriman barang.

Pengiriman sarang walet ke luar negeri memiliki risiko kerusakan yang cukup tinggi. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti pengemasan yang tidak aman, kondisi jalanan yang tidak rata, dan lain sebagainya.

Tidak perlu khawatir karena sudah ada Sput.id yang akan membantu anda mengirim sarang walet luar negeri dengan aman. Kamu bisa mengirim barang-barang ekspor dari Indonesia ke luar negeri dengan mudah dan harganya pun kompetitif.

Sput.id adalah layanan ekspor dan impor barang yang yang aman dan terpercaya. Pelayanan nya sangat cepat dan respon dari pihak kami sangat ramah dan membantu seluruh proses kirim barang ke luar negeri sampai tuntas. Percakapan sput.id untuk kirim barang anda dengan menghubungi kontak whatsapp kami di no berikut +62816820024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *