Makan kurang lengkap kalau belum pakai sambal, di Indonesia sambal sudah menjadi kebutuhan utama. Namun melihat peminat sambal di dunia, hanya ada beberapa negara saja yang mempunyai minat dengan masakan pedas. Khususnya ke negara Jepang, Malaysia, Australia, Taiwan, dan Belanda.

Kebiasaan yang menjadi ciri khas orang Indonesia ini bahkan terbawa ketika mereka harus melakukan perjalanan hingga tinggal di luar negeri. Mencoba beradaptasi dengan lingkungan asing termasuk aneka lauk pauk di benua lain, sambal selalu dibawa demi menjaga cita rasa pedas sekaligus pengikat memori dengan tanah kelahiran. Tanpa disadari, kebiasaan ini rupanya perlahan turut mengenalkan sambal ke kancah kuliner dunia.

Setelah mengetahui negara tujuan ekspor yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah memahami prosedur pengiriman sambal ke luar negeri yang sesuai dengan regulasi internasional, supaya produk Anda tidak ditahan oleh petugas pengecekan ekspor-import.

Berikut Tips Kirim Sambal Ke Luar Negeri Yang Harus Dipahami

  1. Merk Dagang dan Label Komposisi Lengkap

Setiap produk bumbu pecel yang dikirim harus sudah memiliki merek dagang yang sesuai dengan ketentuan peraturan berlaku. Bumbu pecel tanpa label merk belum bisa dikirim, harus yang sudah berbentuk brand atau merek dagang yang siap diedarkan.

Perlu menempelkan label komposisi. Di bagian inilah pembuat produk perlu menjelaskan apa saja bahan pembuatan sambalnya. Harus detail dan lengkap, apabila memungkinkan cantumkan juga tabel Informasi Nilai Gizi. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, Anda juga perlu mencantumkan komposisi dalam bahasa inggris mengingat target penjualan ekspor berarti yang nantinya akan membeli adalah konsumen luar negeri.

  1. Bumbu Pecel Sudah Terdaftar BPOM

Badan POM RI sangat menganjurkan untuk melakukan Cek KLIK yang berupa Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kadaluwarsa. Pengecekan tersebut tentunya harus dilakukan untuk mengetahui keamanan produk saat dikonsumsi.

  1. Tanggal Kadaluwarsa

Tanggal kadaluwarsa pada produk pun tak kalah penting. Sebab, bumbu pecel adalah produk yang bisa awet hingga berbulan-bulan lamanya. Jadi sangat penting untuk menuliskan tanggal produksi dan tanggal kadaluwarsa sambal di kemasannya.

Pada sambal bubuk atau kemasan jar, biasanya memiliki masa simpan yang jauh lebih panjang. Jadi segel produk tersebut dengan baik di dalam suhu ruangan agar dapat awet hingga bertahun-tahun. Tujuan penulisan tanggal kadaluwarsa untuk mengetahui keamanan produk untuk dikonsumsi.

  1. Mengisi Form MSDS

Form MSDS adalah form terlampir khusus untuk pengiriman produk cair, contohnya likuid ataupun sambal. Sebelum diproses, nantinya Anda akan diminta memberikan informasi produk secara rinci.

Pada beberapa perusahaan menyediakan informasi terkait MSDS di website resminya. Tujuan pengisian MSDS untuk menghindari, mencegah, dan menanggulangi segala kecelakaan yang bisa terjadi para produk.

  1. Packing dengan Baik

Agar lebih aman, pastikan juga jika Anda menggunakan lakban di bagian luarnya aga tidak ada udara yang masuk. Dengan begitu produk Anda terhindar dari segala kerusakan yang bisa saja terjadi.

Memilih Jasa Pengiriman Terpercaya Pengiriman Bumbu Pecel Bersama Sput.id

Pengiriman ke luar negeri tentunya sangat berbeda dengan pengiriman reguler. Ada banyak aturan yang wajib Anda ikuti agar pecel bisa sampai dengan aman ke negara tujuan. Jadi, gunakanlah jasa pengiriman terpercaya dan berpengalaman. Sput.id membantu anda dalam pengiriman bumbu pecel keluar negeri, segera hubungi tim kami yang siap membantu hubungi whatsapp kami di +62816820024.

Itulah beberapa cara kirim bumbu pecel ke luar negeri. Jika Anda tertarik kirim barang ke luar negeri, pastikan untuk memilih jasa pengiriman terbaik.Sput.id melayani anda dalam proses pengiriman barang dengan pelayanan dari tim kami yang cepat. Tujuannya agar apa yang Anda kirimkan bisa sampai dengan aman ke tangan penerima. Jadinya Anda tak perlu khawatir, dan pembeli pun akan merasa puas bertransaksi dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *