Kirim paket cairan ke luar negeri harus memenuhi berbagai macam peraturan. Sebab, paket cairan terkadang membahayakan bagi pihak ekspedisi dan barang kiriman lainnya. Cairan seperti spiritus, vape, aftershave, cat, dan bahkan parfum dianggap sebagai barang yang mudah terbakar, oleh karena itu harus mengikuti prosedur yang berlaku.

Mengingat tingginya risiko pengiriman benda cair, penting bagi Sobat Shipper untuk memperhatikan cara packing paket berikut ini.

  1. Gunakan Packing Ekstra

Supaya cairan tidak tumpah, merembes atau menimbulkan cipratan selama pengiriman, cobalah untuk menggunakan bubble wrap, plastik, dan kardus untuk cairan kemasan. Beri juga tambahan packing kayu untuk menambah proteksi.

  1. Hubungi Ekspedisi

Untuk memastikan barang yang akan dikirim diperlakukan sesuai dengan kebutuhan penanganannya. Pengirim harus memberitahukan karakteristik dan jenis benda cair dalam paket kepada petugas. Terutama bila paket tersebut berisi cairan kimia yang sifatnya mudah menguap atau terbakar.

  1. Labeli dengan Tanda Khusus

Untuk memastikan petugas pengiriman memberikan perhatian khusus pada paket, sebaiknya memberikan label seperti “Fragile” atau “Handle with Care”. Ini penting karena cairan tetap termasuk dalam packing fragile meski sudah diberikan packing ekstra.

  1. Koordinasi Dengan Pihak Penerima

Barang ekspor impor akan dikenakan biaya serta pajak impor. Hal itu, tertuang pada Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 199 /PMK 10 /2019. Paket yang dikirim ke luar negeri akan ditanggung oleh penerima barang. Oleh sebab itu Anda harus selalu berkomunikasi dengan sang penerima.

  1. Siapkan MSDS

MSDS (Material Safety Data Sheet) atau secara harfiah diartikan Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB) adalah dokumen yang berisi informasi bahan kimia yang terkandung dalam suatu produk atau barang. Tidak hanya itu, MSDS juga berisi informasi cara penanganan, tindakan khusus, bahaya yang timbul dan lainnya dari barang tersebut.

Tujuan MSDS adalah untuk identifikasi produk dan pembuat bahaya terkait dengan bahaya fisik, pencegahan berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan keadaan darurat serta respons yang sesuai dalam berbagai situasi misal (kecelakaan, kebakaran, dan situasi pertolongan pertama). Kolom Informasi dalam Dokumen MSDS mencakup: Product and Company Identification, Identifikasi Bahaya, komposisi, tindakan pertolongan pertama, penanganan kebakaran, tindakan pelepasan yang tak disengaja, penanganan dan penyimpanan, pengendalian pajanan/perlindungan personal, properti fisik dan kimia, stabilitas dan reaktivitas, informasi toksikologis, informasi ekologis, pembuangan limbah, informasi transportasi, informasi regulasi, dan informasi lainnya (tanggal pembuatan, dsb).

Dokumen ini tidak hanya bersifat administratif namun juga sebagai penjamin keselamatan mulai dari pembuatan hingga proses pengiriman yang mana banyak pihak yang terlibat, hingga proses pembuangan limbahnya. MSDS harus dilakukan oleh tenaga ahli.

Kirim paket cairan ke luar negeri membutuhkan peraturan yang sangat ketat. Bahkan harus menyertakan surat aman kepada pihak ekspedisi. Oleh sebab itu, pastikan saat kirim barang ke luar negeri, packing harus tertata dengan rapi dan kokoh agar diterima oleh pihak ekspedisi. Sput.id dapat membantu untuk mengirimkan benda cair ke luar negeri. Untuk info lebih lanjut langsung saja kontak ke cs kami di Whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *