Sayuran dan buah mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan asupan harian. Kandungan serat dan antioksidan pada sayuran juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan lain-lain. Sayuran juga rendah kalori sehingga mampu menurunkan risiko obesitas.

Sektor pertanian di Indonesia memiliki banyak peluang pasar ekspor. Akan tetapi, masih terdapat pihak yang tidak mengetahui cara ekspor sayuran ke luar negeri sehingga dapat menghasilkan keuntungan.

Sebagai peluang usaha baru dengan potensi cuan yang lumayan tinggi. Anda bisa mulai mempertimbangkan bisnis ekspor sayuran dan buah-buahan ke pasar internasional. Sebab, masyarakat mulai sadar akan pentingnya hidup sehat.

Jenis Sayuran di Indonesia yang Diekspor Ke Luar Negeri

Berbagai jenis sayuran yang dibudidayakan di Indonesia, juga menjadi produk ekspor unggulan. Sayuran segar tersebut meliputi bawang merah, tomat, kentang, wortel serta kubis. Target pasar ekspor Indonesia untuk komoditas pertanian mencakup negara di Asia, Afrika, Australia, Eropa hingga Amerika.

Persyaratan Dokumen Ekspor

Sayuran yang akan dikirim ke pasar luar negeri wajib melalui proses karantina. Pihak yang menyelenggarakan karantina yaitu Badan Karantina Pertanian. Landasan tersebut berasal dari keputusan Nomor 2471/Kpts/KR.020/K/11/2018 dan 2523/Kpts/KR.020/K/11/2018 yang diterbitkan oleh Kepala Badan Karantina Pertanian.

Persyaratan dokumen ekspor sayuran seperti di bawah ini:

Cara Ekspor Sayuran Ke Luar Negeri

Pahami Persyaratan dan Regulasi Ekspor

Memahami persyaratan dan regulasi ekspor sayuran ke negara tertentu. Ini termasuk aturan fitosanitasi, standar kualitas, dan persyaratan dokumen. Setiap negara memiliki peraturan yang berbeda, jadi teliti dengan seksama untuk memastikan kepatuhan penuh.

Melakukan analisis pasar

Melakukan analisis pasar bertujuan agar mengetahui sayuran apa saja yang laris manis di negara tersebut. Perhatikan juga pedoman yang diberikan oleh suatu negara. Hal ini disebabkan beberapa barang pertanian tidak diperdagangkan di negara tertentu. Juga dapat menggunakan internet untuk meneliti tanaman yang ingin Anda tanam dan pasar potensial untuk tanaman tersebut.

Menyiapkan Sayuran Yang Akan Dikirim

Ekspor membutuhkan waktu yang cukup lama karena jaraknya tempuh yang jauh. Itulah sebabnya sangat penting untuk menyiapkan Sayuran yang akan diekspor. Harus diperhatikan adalah kualitas sayuran, pemilihan sayuran yang baik, jenis kemasan. Serta penempatan sayuran agar tidak banyak bergerak dan jenis jasa pengiriman yang nantinya akan digunakan.

Tujuannya agar sayuran tidak mudah rusak, busuk, dan tak layak jual. Sebab, produk yang akan diekspor pastinya wajib memiliki kualitas terbaik agar memenuhi standar ekspor di negara tersebut.

Memilih Transportasi

Sayuran rentan terhadap pembusukan atau kerusakan. Jadi itulah sebabnya sangat penting untuk memilih jenis transportasi yang tepat. Faktor-faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan termasuk waktu pengiriman dan biaya transportasi. Selain jenis transportasi, perhatikan juga biaya dan waktu tempuh yang diberikan.

Cara ekspor sayuran ke luar negeri menggunakan kontainer berpendingin atau reefer container menjadi solusi mencegah sayur cepat rusak akibat perkembangan bakteri. Anda dapat menyimpan dan mengirim sayur dengan pengaturan suhu tertentu, untuk menjaga sayur tetap berkualitas hingga sampai ke tangan konsumen.

Identifikasi Mitra Logistik Terpercaya

Kerjasama dengan perusahaan logistik yang memiliki pengalaman dalam pengiriman sayuran ke luar negeri sangat penting. Pastikan bahwa mereka memahami aturan-aturan terkait ekspor dan memiliki catatan pengiriman yang baik.

Sput.id merupakan jasa kirim barang yaang berpengalaman mengirimkan barang ke luar negeri. Memiliki tim yang respon nya cepat, segera hubungi di kontak whatsapp untuk konsultasikan masalah pengiriman apa yang anda hadapi.

Demikianlah beberapa cara eksporsayuran dari Indonesia ke luar negeri mungkin tampak menantang, tetapi dengan perencanaan yang matang dan pemahaman mendalam tentang prosesnya, hal itu dapat dilakukan dengan sukses.

Saat ini kirim paket ke luar negeri bukan lagi hal yang sulit. Sebab sekarang sudah ada banyak jasa pengiriman yang menawarkan layanan pengiriman ke luar negeri. Dengan begitu kegiatan ekspor mengekspor jauh lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *